KPU Berkunjung ke Kantor DPRD Kabupaten Flotim

Kerjasama KPU Vs DPR Kabupaten Flotim

(Setwan Dok: pose bersama Tim KPU Flotim dengan Pimpinan DPRD Kab. Flotim, Sekretaris DPRD Kab. Flotim, dan Asisten I Setda Kab. Flotim)

Ada cerita panjang menghiasi panggung perpolitikan yang terjadi dalam hajatan pemilihan umum serentak tanggal 17 April 2019 baik Pilpres maupun Pemilu Legislatif. Sederetan kisah unik menorehkan pesan-kesan yang mengiris rasa bahkan meninggalkan luka batin jangka panjang.

Sejuta gugatan pun menghiasi pelataran Mahkamah Konstitusi entah bersentuhan langsung dengan kontestasi Pilpres maupun kontestasi Pileg.

Hierarki gugatan terjadi vertikal dan menuai beragam tafsiran. Gugatan berlabel nasional dan daerah terus memenuhi ruang sosial media dan jadi tranding topic.

Para pendukung dan relawan dari masing-masing calon terpilih bagai menebak mimpi ke arah mana mereka akan menagi janji pasacputusan MK soal siapa menang dan kalah.

Hal paling mendebarkan terjadi pada level Pemilu Legislatif tingkat DPRD Kabupaten/Kota. MK tidak serta merta mengambil langkah sepihak untuk memberi putusan. Tidak sebatas pada ranah kualitatif dan kuantitatif tetapi lebih pada aspek substansial yang melingkupi seluruh proses gugatan.

Pascaputusan MK, Kabupaten Flores Timur sebagai salah satu dari sekian Kabupaten yang melayangkan gugatan harus optimis menerima semua realitas sebagai titik final tanpa ada gugatan baru. Karena itu, pada Sabtu (10/08/2019) Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Flores Timur mengadakan Pleno Penetapan Calon Terpilih Anggota DPRD Kabupaten Flores Timur Perioede 2019-2024.

Pascapleno Penetapan, KPU berinisiatif mendatangi Kantor DPRD Kabupaten Flotim alias blusukan untuk menyerahkan:

  1. Berita Acara Nomor: 50/BA/VIII/2019 dan Lampirannya; 2. Salinan Keputusan Nomor: 34/Kpts/KPU-Kab-018.433980/2019 dan lampirannya; 3. Salinan Keputusan Nomor 35/KPts/KPU-Kab-018.433980/2019 dan lampirannya.

Tentang Calon Anggota DPRD terpilih periode 2019-2024 kepada Pimpinan DPRD Kabupaten Flotim pada Selasa, 13 Agustus 2019 sekitar pkl.11.30 Wita bertempat di Ruang Kerja Pimpinan DPRD Kabupaten Flotim.