Paripurna V: Pidato Pengantar Nota Keuangan atas Ranperda APBD dan Penyerahan Bahan kepada Fraksi-Fraksi

Setwanflotim. DPRD Kabupaten Flores Timur gelar Paripurna V dengan agenda: Pidato Pengantar Nota Keuangan atas Ranperda APBD Kabupaten Flores Timur Tahun Anggaran 2020, dilanjutkan dengan Penyerahan bahan kepada fraksi-fraksi, Kamis, (21/11/2019).

Rapat dipimpin Ketua DPRD Kabupaten Flores Timur, Robertus Rebon Kereta, S. Pd, dihadiri Bupati Flores Timur, Antonius H. Gege Hadjon, ST,  Pimpinan DPRD, serta Anggota DPRD Kabupaten Flores Timur. Hadir pula Sekda Flores Timur, Paulus Igo Geroda, S. Sos., M. AP, para Asisten Setda, serta seluruh pimpinan OPD lingkup Pemerintahan Kabupaten Flores Timur.

Dalam pidatonya, Bupati atas nama Pemerintah, mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Pimpinan dan Anggota Dewan, khususnya kepada Badan Anggaran DPRD Kabupaten Flores Timur yang bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah, telah membahas dan memberikan berbagai masukan berharga dalam pembahasan Rancangan Kebijakan Umum APBD (KUA) serta Rancangan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) APBD Kabupaten Kabupaten Flores Timur T.A. 2020.

Bupati dalam pidato menjelaskan, APBD Kabupaten Flores Timur T.A. 2020 merupakan penjabaran pelaksanaan pembangunan tahun keempat dari Visi dan Misi Pembangunan Daerah sebagaimana diamanatkan pada Peraturan daerah Nomor 10 Tahun 2017 tentang RPJMD Kabupaten Flores Timur Tahun 2017-2022. Berkenaan dengan hal tersebut, dan dengan memperhatikan kondisi keuangan daerah saat ini maka RAPBD Kabupaten Flores Timur T.A. 2020 disusun dengan sungguh-sungguh memprioritaskan belanja daerah yang bersifat wajib dan mengikat untuk mewujudkan pencapaian sasaran Visi dan Misi pembangunan daerah sebagaimana tertuang di dalam RPJMD.

Berdasarkan Permendagri No. 33 Tahun 2019 tentang Pedoman Penyusunan APBD T.A. 2020, maka RAPBD Kabupaten Flores Timur disusun dengan memperhatikan sinkronisasi kebijakan antara tingkatan pemerintah untuk mendukung pencapaian prioritas pembangunan NTT dan pembangunan nasional. Dalam hal ini, berbagai kebijakan belanja daerah yang bersifat Mandatory Spending telah dialokasikan dengan memperhatikan potensi dan kemampuan keuangan daerah.

Bupati melanjutkan, Prioritas Pembangunan Kabupaten Flores Timur Tahun Anggaran 2020 yaitu, (1) Sumber Daya Manusia, Pengentasan Kemiskinan dan Stunting, (2) Infrastruktur Pelayanan dasar Masyarakat, (3) Perekonomian Masyarakat, (4) Tata Kelola Pemerintahan Daerah. Visi dan Misi daerah serta prioritas pembangunan daerah tahun 2020 tersebut, selanjutnya dijabarkan dalam tujuan, sasaran, strategis serta program dan kegiatan yang diimplementasikan dalam pelaksanaan APBD, ungkapnya dalam pidato.