Rapat BANGGAR dengan Komisi-Komisi DPRD Kabupaten Flores Timur

Setwanflotim.  Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Flores Timur, gelar rapat konsultasi Badan Anggaran (BANGGAR) dengan komisi-komisi DPRD Kabupaten Flores Timur. Rapat dipimpin Ketua DPRD Kabupaten Flores Timur, Robertus Rebon Kereta, S. Pd, bertempat di ruang sidang utama, gedung Bale Gelekat Lewotana, Kamis (14/11/2019).

Hadir dalam rapat, Wakil Ketua I DPRD Yosep Paron Kabon, ST , Wakil Ketua II DPRD Matias Werong Enay, Sekretaris DPRD Petrus Pemang Liku, S. Sos, MT (selaku Sekretaris BANGGAR), anggota-anggota BANGGAR, serta anggota-anggota Komisi DPRD Kabupaten Flores Timur.

Rapat ini merupakan agenda lanjutan yang telah dilaksanakan sejak kemarin pada tingkat BANGGAR dan komisi terkait pendalaman dokumen Rancangan Kebijakan Umum APBD dan PPAS Kabupaten Flores Timur T.A. 2020. Pendalaman dokumen yang dilakukan komisi disesuaikan dengan bidang tugas komisi masing-masing. Komisi A membidangi urusan pemerintahan, politik, dan hukum. Komisi B membidangi urusan ekonomi, keuangan, dan pembangunan. Komisi C membidangi urusan kesejahteraan rakyat.

Ketua DPRD Kabupaten Flores Timur dalam pengantarnya mengatakan, “seperti agenda kemarin, inti penekanan masih tentang pendalaman dokumen bersama BANGGAR dan Komisi. Hasil konsultasi BANGGAR dengan Komisi sesuai dinamika pada masing-masing komisi, baik Komisi A, Komisi B, dan Komisi C. Maka forum BANGGAR dan Komisi ini tetap konsisten pada agenda pendalaman dokumen dan sinkronisasi antar dokumen”, ungkapnya.

Mekanisme yang ditawarkan yaitu masing-masing komisi diminta untuk melaporkan hasil konsultasi agar menjadi pemahaman bersama baik untuk anggota BANGGAR maupun yang bukan anggota BANGGAR. Selanjutnya, ruang dibuka untuk respon tanggapan bagi komisi lain demi memperkaya materi komisi yang bersangkutan.

Ketua DPRD Kabupaten Flores Timur berharap, forum ini mampu merampungkan pikiran lembaga untuk dipertimbangkan pada tingkat pembahasan  BANGGAR bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dalam Paripurna yang akan dilaksanakan besok.