Rapat Paripurna XV

DPRD & PEMDA FLOTIM SOLID DALAM SATU PUTUSAN

(Setwan Dokumentasi: Tampak Pimpinan DPRD, Bupati, dan Anggota DPRD Kabupaten Flotim sedang mengikuti Rapat Paripurna XV)

Larantuka, Setwan

Sesuai Keputusan DPRD Kabupaten Flores Timur, Nomor: DPRD.FLT.188.47/25/2019, tanggal 05 Juli 2019 , maka pada Senin (15/7/2019) berlangsung Rapat Paripurna XV membahas  4 (empat) agenda utama yakni:

Pertama, Kata Putus Fraksi-Fraksi; Kedua, Pembahasan dan Penetapan Persetujuan DPRD terhadap Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Flores Timur Tahun Anggaran 2018, Ketiga, Penandatanganan Berita Acara Persetujuan Bersama, Keempat, Sambutan Bupati Flores Timur.

Rapat dimulai sekitar pkl. 10.30 bertempat di Ruang Sidang Utama DPRD Kabupaten Flores Timur.

Masing-masing Pimpinan Fraksi dalam membacakan Kata Putus senada menyampaikan aspirasi dan persetujuan atas Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Flores Timur Tahun Anggaran 2018.

(Setwan Dokumentasi: Salah Satu Wakil Fraksi Partai sedang membacakan Kata Putus)

Syafruddin Abbas selaku Anggota DPRD dan wakil Fraksi Partai Golkar menyatakan menerima Ranperda Tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Flores Timur Tahun Anggaran 2018 untuk dibahas dalam forum-forum selanjutnya dan ditetapkan menjadi Perda Kabupaten Flores Timur Tahun 2019.

Selanjutnya secara bergilir wakil dari masing-masing Fraksi Partai menyatakan menerima Ranperda dimaksud diantaranya Partai Gerindra diwakili, Simon Sadi Open/Anggota DPRD; Fraksi Partai PDIP diwakili, Martinus Mao Welan/Anggota DPRD; Fraksi Partai Nasdem diwakili, Ahmad. H. Mukhtar/Anggota DPRD; Fraksi Partai Demokrat diwakili, Yohanes N.D Paru/Anggota DPRD; dan Fraksi Partai PKB diwakili, Hendrik Belang Koten/Anggota DPRD Kabupaten Flores Timur.

Hadir dalam Rapat diantaranya: Bupati Flotim, Antonius H. Gege Hadjon, ST, Sekda Kabupaten Flotim, Para Asisten Sekda, Pimpinan OPD terkait.

Sementara dari pihak legislatif hadir Ketua DPRD Kabupaten Flotim, Yoseph Sani Betan, ST, Wakil Ketua, Robertus Rebon Kereta, S.Pd dan para Anggota DPRD Kabupaten Flores Timur.

Dalam alur pembahasan Penetapan Pesetujuan DPRD atas Laporan Pertanggungjawaban pelaksanaan APBD TA.2018 dipandu oleh Ketua DPRD dan mendapat persetujuan bersama dari forum rapat.

(Setwan Dok: Bupati Flotim, Antonius H. Gege Hadjon, ST sedang membacakan Pidato pada penghujung Rapat Paripurna XV)

Bupati dalam sambutannya menekankan kembali esensi dari Laporan Pertanggungjawaban. Bagi beliau, Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD merupakan siklus terakhir dari pengelolaan keuangan daerah yang sesuai ketentuan Pasal 101 Peraturan Pemerintah Nomor 58 Tahun 2005 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah, Kepala Daerah menyampaikan Rancangan Peraturan Daerah tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD kepada DPRD berupa Laporan Keuangan yang diperiksa BPK paling lambat 6 (enam) bulan setelah tahun anggaran berakhir.

“Berbagai hambatan dalam kebersamaan yang telah kita lewati merupakan ujian yang harus kita hadapi bersama, dan sejauh ini kita telah membuktikan bahwa kita mampu membangun kemitraan yang harmonis dalam melaksanakan tugas pelayanan kita guna mewujudkan Fores Timur Sejahtera, dalam Bingkai Desa Membangun, Kota Menata, ungkap Bupati”.

Bupati juga menyampaikan aspirasi yang setinggi-tingginya kepada Lembaga DPRD yang terhormat karena dalam membangun mitra kerja telah menunjukan kebesaran jiwa dengan selalu mengedepankan kepentingan masyarakat di daerah ini di atas kepentingan yang lain.

(Setwan Dok: Bupati Flotim, Ketua DPRD, dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Flores Timur tengah menandatangani Berita Acara Pestujuan Bersama)

Selanjutnya pada penghujung rapat, dilakukan Penandatanganan Berita Acara Persetujuan Bersama atas Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Flores Timur Tahun Anggaran 2018.

Rapat Paripurna XV berakhir sekitar pkl.13.25.**