Sikapi Aspirasi LNMD, DPRD Kabupaten Flores Timur Gelar Rapat Gabungan Komisi

Setwanflotim. Menyikapi aspirasi Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LNMD) Kota Larantuka tentang pembubaran BPJS dan Pencabutan Perpres No.75 Tahun 2019 dalam forum dialog kemarin, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Flores Timur gelar Rapat Gabungan Komisi dengan instansi-instansi terkait, Selasa (17/12/2019).

Rapat dipimpin Ketua DPRD Kabupaten Flores Timur, Robertus Rebon Kereta, S. Pd, dihadiri anggota DPRD Kabupaten Flores Timur.  Hadir pula Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Flores Timur, Ir. Antonius Wukak Sogen, didampingi perwakilan dari Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Badan Keuangan Daerah, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), serta perwakilan RSUD Hendrikus Fernandez Larantuka.

Berdasarkan aspirasi LNMD tentang pembubaran BPJS dan pencabutan Perpres No.75 Tahun 2019, DPRD Kabupaten Flores Timur menilai hal tersebut merupakan kewenangan pemerintah pusat. Meskipun demikian, DPRD Kabupaten Flores Timur tetap menyoroti kualitas pelayanan BPJS khususnya untuk masyarakat Flores Timur yang dinilai belum dilakukan secara adil merata. Hal ini disebabkan karena verifikasi data tidak dilakukan secara serius oleh pemerintah sehingga masih ada masyarakat yang belum terakomodir.

Berangkat dari persoalan ini, DPRD Kabupaten Flores Timur menghimbau Dinas Sosial, BPJS, maupun intansi-instansi terkait lainnya untuk membangun komunikasi lintas sektoral agar verifikasi data dapat diselesaikan secepatnya. Proses ini dinilai tidak sulit mengingat hampir semua desa di Kabupaten Flores Timur memiliki kelengkapan data yang dimaksud. Untuk itu, diperlukan keseriusan instansi-instansi terkait untuk berkolaborasi melakukan pembenahan data-data kependudukan demi pelayanan yang maksimal kepada masyarakat Flores Timur.